Minggu, 15 Februari 2009

Cuaca Buruk Hambat Aktivitas di Sejumlah Pelabuhan

Cuaca Buruk Hambat Aktivitas di Sejumlah Pelabuhan

Liputan6.com, Jepara: Syahbandar Pelabuhan Kartini, Jepara, Jawa Tengah, belum lama ini, mengeluarkan larangan berlayar bagi semua kapal di pelabuhan tersebut. Pasalnya, sudah berhari-hari ombak besar di perairan Jepara bergolak. Bahkan ketinggian ombak bisa mencapai empat atau lima meter.

Akibat larangan tersebut, feri Muria tujuan Karimun Jawa terpaksa bersandar selama 10 hari. Para penumpang pun tertahan di pelabuhan. Penumpang yang kebanyakan pedagang kecil ini mengaku rugi karena dagangan yang akan dijual di Karimun Jawa membusuk.

Larangan serupa berlaku bagi kapal-kapal di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat. Kapal penumpang dan barang tidak boleh melaut karena gelombang di Laut Cina Selatan mencapai enam meter. Pihak pelabuhan baru mengizinkan kapal beroperasi jika cuaca sudah membaik.

Sementara itu, sekitar 50 rumah di pesisir Pantai Marunda, Jakarta Utara, mengalami rusak parah akibat dilanda banjir air pasang laut atau rob. Air yang sempat meninggi hingga tiga meter itu sudah surut, namun nelayan belum berani melaut. Banjir rob juga merendam puluhan rumah di Desa Eretan Kulon, Indramayu, Jawa Barat. Akibatnya, tanggul penahan ombak setinggi tiga meter jebol.(OMI/Tim Liputan 6 SCTV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar